HARUN (2023) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL MATA KULIAH E-LEARNING PADA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
Artikel Ilmiah.pdf Download (691kB) |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengukur kebutuhan, mendesain, dan mengukur validitas dan kepraktisan modul digital mata kuliah e-learning pada Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar yang dikembangkan. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah kebutuhan mahasiswa akan sumber belajar yang dapat membantu mereka mempelajari materi pada mata kuliah tersebut terutama materi praktik mengenai learning management system. Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi model R&D dari Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah 2 validator yaitu 1 orang ahli materi pembelajaran e-learning dan 1 orang ahli media dan desain pembelajaran, 1 dosen mata kuliah yang bersangkutan, dan 27 mahasiswa yang sedang memprogramkan mata kuliah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kebutuhan yang tinggi akan pengembangan modul digital di mata kuliah tersebut. Desain produk dibuat dalam bentuk flowchart, storyboard, dan prototype. Setelah melalui proses validasi, ditemukan bahwa modul yang dikembangkan berada pada kualifikasi sangat valid. Hasil uji coba kepraktisan juga menunjukkan bahwa modul digital yang dikembangkan berada pada kualifikasi sangat praktis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 01:53 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 01:53 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29641 |
Actions (login required)
View Item |