PENGGUNAAN BOLA BERBUNYI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA PADA MURID TUNANETRA KELAS X DI SLB A YUKARTUNI MAKASSAR

MUHAMMAD IKSAN MUBARAQ (2023) PENGGUNAAN BOLA BERBUNYI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA PADA MURID TUNANETRA KELAS X DI SLB A YUKARTUNI MAKASSAR.

[img] Text
jurnal muhammad iksan mubaraq.pdf

Download (640kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Penggunaan bola berbunyi dalam Meningkatkan kemampuan Teknik dasar Permainan Sepak bola Pada murid Tunanetra Kelas X di SLB-A Yukartuni Makassar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan dalam melakukan teknik dasar permaian sepak bola pada murid Tunanetra blind. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penggunaan bola berbunyi dalam Meningkatkan kemampuan Teknik dasar Permainan Sepak bola murid Tunanetra Kelas X di SLB-A Yukartuni Makassar?” Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan melakukan teknik dasar permainan sepak bola pada murid tunanetra kelas X di SLB A Yukartuni Makassar melalui penggunaan bola berbunyi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan hasil belajar murid dalam Meningkatkan kemampuan Teknik dasar Permainan Sepak bola melalui penggunaan Bola berbunyi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes perbuatan. Subyek dalam penelitian ini adalah murid Tunanetra blind kelas X di SLB A Yukartuni Makassar. Teknik analisis data yaitu teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan melakukan teknik dasar permainan sepak bola murid Tunanetra Kelas X di SLB-A Yukartuni Makassar sebelum penggunaan bola berbunyi berada dalam kategori kurang mampu, setelah penggunaan bola berbunyi berada pada kategori sangat mampu. Artinya terdapat kemampuan melakukan teknik dasar Permainan Sepak bola Pada murid Tunanetra blind di SLB-A Yukartuni Makassar dengan penggunaan bola berbunyi. Kesimpulan dalam penelitian ini yakni penggunaan media bola berbunyi terbukti dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar Permainan Sepak bola Pada murid Tunanetra blind di SLB-A Yukartuni Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:41
Last Modified: 09 Jun 2023 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29636

Actions (login required)

View Item View Item