MUTMAINNAH MUSTIKA (2023) PENGARUH METODE APS (ALPHABETIC PHONIC SYLLABIC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MURID TUNARUNGU KELAS IV DI SLB NEGERI 1 GOWA.
Text
PJE 2022 (Mutmainnah Mustika) (1).pdf Download (479kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh Metode APS. Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Murid Tunarungu Kelas IV di SLB Negeri 1 Gowa, khususnya pada kompetensi dasar “ Memabaca Suku kata dan kata”. Rumusan Masalah penelitian ialah Apakah ada pengaruh Metode APS (Alphabetic Phonic Syllabic). Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Murid Tunarungu Kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kemampuan membaca permulaan pada murid tunarungu sedang kelas IV sebelum penggunaan metode APS (Alphabetic Phonic Syllabic). (2) penggunaan metode APS untuk peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid Tunarungu sedang kelas IV. (3) Kemampuan membaca permulaan pada murid Tunarungu sedang kelas IV setelah penggunaan metode APS. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan Single Subject Research dengan desain A (Baseline 1)-B (Intervensi)-A (Baseline 2). Subjek penelitian adalah satu Pengumpulan data penelitian ini adalah tes dan dekumentasi. Data yang diperoleh diolah melalui metode eksperimen dengan penelitian subjek tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode APS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Hal ini di tunjukkan oleh grafik kemampuan membaca permulaan subjek yang meningkat. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat menjawab rumusan masalah bahwa metode APS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan efektif digunakan dalam pembelajaran pada murid Tuanrungu sedang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 01:32 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 01:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29633 |
Actions (login required)
View Item |