PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA I NDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES BTN IKIP I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NURHASNAH DAMAYANTI (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA I NDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES BTN IKIP I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul utama Nurhasa.docx

Download (18kB)
[img] Text
Halaman sampul kedua Nurhasa.docx

Download (1MB)
[img] Text
File asli skripsi terbaru Nurhasa.docx

Download (671kB)

Abstract

Nurhasnah Damayanti. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nur Abidah Idrus,S.Pd,.M.Pd dan Hikmawati Usman, S.Pd,. M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan metode pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskripti. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran mind mapping dan keterampilan menulis karangan narasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Adapun hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil keterampilan menulis karangan narasi berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil keterampilan menulis karangan narasi mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan Penerapan metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa di kelas V SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:06
Last Modified: 08 Jun 2023 07:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29622

Actions (login required)

View Item View Item