Fricillia Adelia (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V.A SD NEGERI PANNYIKKOKANG 1 KOTA MAKASSAR.
Text
sampul (ii).docx Download (42kB) |
|
Text
abstrak.doc Download (27kB) |
|
Text
Pernyataan Keaslian (iv).docx Download (19kB) |
|
Text
Prakata (vii).docx Download (21kB) |
|
Text
Daftar Tabel (xi).docx Download (26kB) |
|
Text
Daftar Isi (x).docx Download (31kB) |
|
Text
Daftar Lampiran (xiii).docx Download (26kB) |
|
Text
Bab 1-4 dan lampiran.docx Download (24MB) |
|
Text
daftar riwayat hidup.docx Download (30kB) |
Abstract
Fricillia Adelia, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V.A SD Negeri Pannyikkokang 1 Kota Makassar. Dibimbing Oleh Dr. Andi Makkasau,.M.Si Pembimbing I dan Dr. Hj.Rohana,.M.Pd Pembimbing II. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS yang di sebabkan oleh dua faktor yaitu faktor guru dan siswa. Rumusan masalah penelitian ini: Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa? Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan 2) hasil belajar. Setting penelitian di kelas V.A SD Negeri Pannyikkokang 1 Kota Makassar dengan subjek peneliti 1 orang guru dan 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan proses berhasil jika semua langkah pembelajaran Group Investigation (GI) terlaksana dengan baik dan hasil belajar siswa telah mencapai kualifikasi baik (B). Hasil penelitian siklus I belum mencapai indikator keberhasilan dengan kualifikasi cukup (C), pada siklus II mengalami peningkatan dengan kualifikasi baik (B) dan telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa pada proses pembelajaran IPS dan hasil belajar IPS siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 06:27 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 06:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29619 |
Actions (login required)
View Item |