PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDNGUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ARIE SUWANDY (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDNGUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
2. Halaman sampul kedua wandi.docx

Download (629kB)
[img] Text
3. file asli skripsi terbaru wandi.docx

Download (3MB)

Abstract

Arie Suwandy. 2017. Penerapan model pembelajaran artikulasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd dan Sumarlin Mus, S.Pd,. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran artikulasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran artikulasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran artikulasi dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator atau mengajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B) sedangkan hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Jun 2023 05:36
Last Modified: 08 Jun 2023 05:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29616

Actions (login required)

View Item View Item