PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IVA SD INPRES PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Ria Adriani (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IVA SD INPRES PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul.docx

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.docx

Download (7MB)

Abstract

Ria Adriani, 2016. Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap minat belajar siswa kelas IVA SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj.Johara Nonci.,M.Si dan Sahril Buchori S.Pd.M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah minat terhadap mata pelajaran IPA siswa kelas IVA SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media video pembelajaran terhadap minat belajar IPA pada siswa kelas IVA SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap minat belajar IPA Pada siswa kelas IVA SD Inpres Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah pre-experiment, dengan tahap pretest, treatment, dan posttest. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mecakup media video pembelajaran dan variabel terikat mencakup minat belajar IPA. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Seluruh populasi dalam penelitian merupakan subjek penelitian karena hanya terdiri dari satu kelompok dengan jumlah siswa 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah Angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap minat belajar IPA pada siswa kelas IVA SD Inpres Perumans Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media Video Pembelajaran memberikan pengaruh terhadap minat belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:36
Last Modified: 08 Jun 2023 03:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29610

Actions (login required)

View Item View Item