Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Strategi Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa Sekolah Menengah Pertama. (Promotor Bachri Thalib dan Kopromtor Muris).

PANU, SURAHMIN ADNA (2016) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Strategi Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa Sekolah Menengah Pertama. (Promotor Bachri Thalib dan Kopromtor Muris). S3 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I_FINAL PROMOSI.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB V_Edit Promosi.docx

Download (18kB)

ABSTRAK Masalah utama dalam penelitian ini adalah “bagaimana proses dan hasil pengembangan model pembelajaran berbasis strategi multiple intelligences untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa di sekolah menengah yang valid, praktis, efektif, dan menarik?”. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model dan perangkat pembelajaran serta instrumen yang valid, praktis, menarik, dan efektif. Proses pengembangan menggunakan model riset Four D (4D) dari Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974) yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan penting, yaitu; (1) tahap definisi dan analisis; (2) tahap desain dan pengembangan; dan (3) tahap evaluasi dan penyebaran. Pada tahap I: dilakukan pendefinisian dan analisis tentang kebutuhan siswa, materi pelajaran, analisis tugas, dan penetapan tujuan pembelajaran spesifik. Pada tahap II: dilakukan perancangan model dan perangkat pembelajaran, serta instrumen tes dan non tes yang terdiri dari instrumen validator dan instrumen lapangan. Selanjutnya, dilakukan uji validitas konstruk oleh validator dan uji empiris. Setelah model dan perangkat, serta instrumen dinyatakan valid, maka dilanjutkan dengan uji coba terbatas yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Mallusetasi. Kemudian, Uji Coba Luas dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mallusetasi, SMP Negeri 2 Soppeng Riaja, dan SMP Negeri 1 Barru. Pada tahap III: dilakukan evaluasi model berdasarkan hasil uji coba, finalisasi model, dan penyebaran. Produk hasil penelitian ini adalah sebuah model pembelajaran IPA yang berbasis strategi multiple intelligences yang valid, praktis, menarik, dan efektif. Demikian pula, perangkat pembelajaran dan instrumen yang mendukung pengembangan Model PASmi untuk KGS. Produk yang dihasilkan meliputi: (1) Buku Model PASmi untuk KGS, (2) Buku Silabus, RPP, dan LAGS, (3) Buku Guru, (4) Buku Siswa, (5) LKS, (6) Instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model telah memenuhi kriteria kevalidan, produk yang dihasilkan dinyatakan praktis dan menarik digunakan, serta efektif mencapai tujuan pembelajaran. Hasil ini dibuktikan dengan adanya komponen model yang terlaksana seluruhnya dengan mudah, Respon guru dan siswa terhadap model dan perangkatnya sangat positif. serta peningkatan keterampilan generik sains dan hasil belajar yang signifikan pada kelas yang mengunakan model pembelajaran IPA berbasis strategi multiple intelligences dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran IPA lainnya. Kesimpulan bahwa model pembelajaran berbasis strategi multiple intelligences untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa dinyatakan layak digunakan sebagai salah satu model pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Oct 2017 07:33
Last Modified: 06 Oct 2017 07:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2960

Actions (login required)

View Item View Item