Mannahali, Misnah and Usman, Misnawaty (2022) Pengembangan Kemampuan Berbahasa dengan Teknik Pembelajaran Berkelompok. Wen Chuang:Journal of Foreign Language Studies, Linguistics, Education, Literatures, Cultures, and Sinology, 2 (2). pp. 264-272. ISSN 2827-9441
Text (Artikel)
Pengembangan Kemampuan Berbahasa dengan Teknik Pembelajaran Berkelompok.pdf Download (220kB) |
Abstract
Abstract Pembelajaran bahasa dapat dikembangkan dengan berbagai teknik. Salah satu teknik di antaranya adalah teknik pembelajaran berkelompok. Fungsi pembelajaran kelompok dapat dipandang dari dua paradigma yaitu paradigma psikologi dan paradigma sosial. Dari segi paradigma psikologi, pembelajar dapat merasa diakui, diterima dan dihargai dalam bekerja dengan orang lain lain dalam kelompoknya. Sedangkan aspek paradigma sosial dapat menyebabkan terciptanya aktifitas yang produktif karena terpeliharanya hubungan sosial yang dapat mempengaruhi sikap anggota kelompok. Pengajar berperan dalam pembelajaran tersebut sebagai pengamat, motivator, dan fasilitator. Langkah – langkah dalam pembelajaran tersebut adalah tahap pembentukan kelompok dan tahap penyajian. Tahap penyajian ini meliputi persiapan dan penyusunan unit-unit pembelajaran (planungsphase), pelaksanaan (Durchfuhrungsphase), penyajian pelajaran yang telah disusun dalam unit-unit pelajaran, dan perangkuman atau umpan balik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 12:02 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 12:02 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29592 |
Actions (login required)
View Item |