Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) untuk Meningkatakan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Reski Andriyana Hersal (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) untuk Meningkatakan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
- 1SAMPUL UTAMA.rtf

Download (329kB)
[img] Text
- 2SAMPUL KEDUA.rtf

Download (333kB)
[img] Text
- 3PERSETUJUAN PEMBIMBING.rtf

Download (2MB)
[img] Text
- 5MOTTO.rtf

Download (44kB)
[img] Text
- 4PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.rtf

Download (46kB)
[img] Text
- 6ABSTRAK.rtf

Download (59kB)
[img] Text
- 7PRAKATA.rtf

Download (72kB)
[img] Text
- 8DAFTAR ISI.rtf

Download (146kB)
[img] Text
1 BAB I PENDAHULUAN.rtf

Download (106kB)
[img] Text
2 BAB II KAJIAN PUSTAKA.rtf

Download (232kB)
[img] Text
3 BAB III METODE PENELITIAN.rtf

Download (265kB)
[img] Text
6-DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (52kB)
[img] Text
- Lampiran 31 DTHBS II.rtf

Download (384kB)
[img] Text
- Lampiran 34, 35, 36, dan 37 SIP.rtf

Download (39kB)
[img] Text
- RIWAYAT HIDUP.rtf

Download (625kB)

Abstract

Reski Andriyana Hersal, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) untuk Meningkatakan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri Aras, S. Pd., M. Pd dan Dra. Hj. Nurhaedah A, M. Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dan hasil belajar IPS siswa. Setting penelitian adalah SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres Perumnas I sebanyak 22 siswa dengan rincian 14 siswa laki- laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dalam proses pembelajaran, hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil belajar IPS siswa berada pada kategori cukup atau tidak tuntas sedangkan pada siklus II hasil belajar IPS siswa berada pada kategori sangat baik atau tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:22
Last Modified: 07 Jun 2023 08:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29583

Actions (login required)

View Item View Item