PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVSD KATOLIK SANTO ALOYSIUS MAKASSAR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

RENY ANGREANI PAMIAN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVSD KATOLIK SANTO ALOYSIUS MAKASSAR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul dkk.docx

Download (37kB)
[img] Text
SKRIPSI PRINT.docx

Download (2MB)

Abstract

Reny Angreani Pamian, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Katolik Santo Aloysius Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muslimin, M.Ed dan Nur Abidah Idrus, S.Pd., M.Pd Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Katolik Santo Aloysius Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Katolik Santo Aloysius Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Katolik Santo Aloysius Makassar dengan jumlah siswa 38 orang yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Adapun hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Katolik Santo Aloysius Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:19
Last Modified: 07 Jun 2023 03:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29564

Actions (login required)

View Item View Item