EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL PADA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-AKHYAR PONDOK MADINAH KOTA MAKASSAR (The Evaluation Of Full Day School Program Implementation At Primary School Integrated Islamic Al Akhyar Pondok Madinah City Of Makassar)

Asni, St Mutia (2016) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL PADA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-AKHYAR PONDOK MADINAH KOTA MAKASSAR (The Evaluation Of Full Day School Program Implementation At Primary School Integrated Islamic Al Akhyar Pondok Madinah City Of Makassar). S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (49kB)

“ PEP PPs UNM, Mutia_89@yahoo.com” ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (i) untuk mengetahui persiapan pelaksanaan program Full Day School di SD Islam Terpadu Al-Akhyar, (ii) untuk mengetahui proses pelaksanaan pelaksanaan program Full Day School di SD Islam Terpadu Al-Akhyar, (iii) untuk mengetahui hasil pelaksanaan program Full Day School di SD Islam Terpadu Al-Akhyar. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah program full day school yang dilaksanakan pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Akhyar Pondok Madinah Kota Makassar, dan sumber datanya adalah guru-guru, kepala sekolah, pengelola dan peserta didik serta orang-orang yang mengetahui dan memiliki informasi yang memadai yang terlibat penuh dalam program ini. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik anaalisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program full day school terlihat dari aspek masukan yang meliputi organisasi sekolah tergolong lengkap dan terlaksana, kurikulum sekolah yang sesuai dengan stndar nasional pendidikan, SDM, sarana dan prasaran pendidikan yang memadai, pembiayaan/anggaran sesuai RAPBS, dan melibatkan partisipasi masyarakat. Aspek proses meliputi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil belajar telah dilaksanakan sesuai dengan standar nasional pendidikan. Aspek hasil yang meliputi kompetensi lulusan dan kompetensi guru. Keselurunah komponen yang di evaluasi telah tercapai dan sesuai dengan standar nasional pendidikan, yang berarti bahwa hasil penelitian pada evaluasi pelaksanaan program full day school dapat diterima dan program ini dapat terus dilanjutkan. Kata Kunci : Evaluasi, Program, Full Day School

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Oct 2017 07:24
Last Modified: 06 Oct 2017 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2956

Actions (login required)

View Item View Item