PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PREDICTION OBSERVATION EXPLANATION (POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN NO. 162 POLEONRO KECAMATAN LAMURU KABUPATEN BONE

RISMAWATI SAHAR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PREDICTION OBSERVATION EXPLANATION (POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN NO. 162 POLEONRO KECAMATAN LAMURU KABUPATEN BONE.

[img] Text
SAMPUL hasil penelitian.doc

Download (537kB)
[img] Text
hasil penelitian.doc

Download (330kB)
[img] Text
Lampiran- lampiran.doc

Download (30MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.doc

Download (551kB)

Abstract

RISMAWATI SAHAR. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Prediction Observation Explanation (POE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di SDN No. 162 Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Djohara Nonci., M.Si. dan Dra. Hj. Amrah, S.Pd., M.Pd. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Observation Explanation (POE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN No. 162 Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Observation Explanation (POE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN No. 162 Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dimana setiap siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini difokuskan pada dua aspek yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Observation Explanation (POE) dan Hasil belajar siswa. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah seorang guru dan siswa kelas V sebanyak 12 orang yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Siklus I pertemuan pertama aktivitas guru dan siswa masing-masing berada pada kategori cukup, kemudian pada pertemuan kedua siklus I aktivitas guru dan siswa masih berada pada kategori cukup. Pada siklus II aktivitas guru dan siswa makin meningkat dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan kedua dalam kategori baik kemudian pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dari siklus I masuk kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Observation Explanation (POE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN No. 162 Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:25
Last Modified: 07 Jun 2023 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29556

Actions (login required)

View Item View Item