RESKI KURNIALILLAH (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
sampul.doc Download (43kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING EKHY.doc Download (50kB) |
|
Text
Motto - prakata.doc Download (43kB) |
|
Text
DAFTAR ISI NEW.doc Download (52kB) |
|
Text
SKRIPSI EKHY CUTE.doc Download (311kB) |
|
Text
lampiran 1.doc Download (37kB) |
|
Text
Lampiran 2 - 5.doc Download (194kB) |
|
Text
Lampiran 6.doc Download (89kB) |
|
Text
Lampiran 6.doc Download (89kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.doc Download (1MB) |
Abstract
RESKI KURNIALILLAH, 2016. Peningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Siswa Kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Latang, M. Pd dan Widya Karmila Sari A, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah pembelajaran yang kurang efektif dan bermakna yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan Pembelajaran Matematika Realistik siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan Pembelajaran Matematika Realistik siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran matematika realistik dan hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV. Pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I dan siklus II aktivitas mengajar guru berada pada kategori Baik (B). Sedangkan pada aktivitas belajar pada siklus I berada pada kategori Cukup (C) menjadi kategori Baik (B) pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan klasikal yang ditentukan dan berada pada kategori Kurang (K). Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dilihat dari nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan dan berada pada kategori Baik (B). Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 01:09 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 01:09 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29545 |
Actions (login required)
View Item |