KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, AND SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 DOMPU NTB

Marlina, Leni (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, AND SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 DOMPU NTB. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Think, Pair, and share (TPS) dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Dompu NTB. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen true experimental design. Desain penelitian yang digunakan yaitu posttest-only control design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Dompu NTB. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X yang berjumlah 82 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak dengan teknik penentuan sampel yaitu cluster sampling. Sampel yang terpilih kelas X1 sebagai kelas kontrol dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriftif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan siswa pada kelas eksperimen dalam menulis cerpen dengan menerapkan model pembelajaran Think, pair, and Share (TPS) menunjukkan hasil yang sangat memadai. Penarikan sample dengan menggunakan pretes atau tes awal pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen. Tes tersebut digunakan baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskripsi dan statistik inferensial. Hasil statistik deskriptif menujukkan model Think, Pair, and Share (TPS) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Dompu NTB. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai tes eksperimen yang diajar dengan menggunakan model Think, Pair and Share (TPS) berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 96,15%. Sedangkan nilai tes kelas kontrol dengan menerapkan metode ceramah berada pada kategori tinggi nilai rata-rata 88,5%. Seluruh siswa pada kedua kelas tersebut telah menunjukkan sikap yang baik. Hal tersebut menujukkan uji signifikansi t nilai. Hal tersebut menujukan bahwa hipotesis yang diajukan diterima berarti model Think, Pair, and Share (TPS) efektif terhadap kemampuan menulis cerpen yang dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 3 Dompu NTB. Kata kunci : Model Think, Pair, and Share (TPS), menulis cerpen, efektif. ABSTRACT This study aimed to describe the effectiveness of the learning model Think, Pair, and Share (TPS) in learning to write short stories class X SMA Negeri 3 Dompu NTB. This type of research used in this research isexperiment. true experimental design The research design is the posttest-only control design. This research was conducted at SMA Negeri 3 Dompu NTB. The population in this study are all students of class X which amounted to 82 students. Sampling was done by random sampling technique is cluster sampling. Samples were selected class X1 as the control class and the class X2 as an experimental class. The collected data was then analysed using descriptive statistics and inferential statistics. The results showed that, the ability of the students in the experimental class in writing a short story by applying the learning model Think, Pair, and Share (TPS) showed a very adequate. Withdrawal sample using a prestest or early test implementation of learning to write short stories. The test is used in both the experimental class and control class. Data were analysed using a statistical description and inferential statistics. Descriptive statistical results showed the model Think, Pair, and Share (TPS) is effectively used in learning to write short stories class X SMA Negeri 3 Dompu. This is evidenced by the experimental test scores are taught using a model Think, Pair, and Share (TPS) are at very high category with an average value of 96,15%. While the value of class test control by applying a lecture at the high category average value of 88.5%. All students in both classes have shown a good attitude. It shows the significance test t value. It addressed the hypothesis that the accepted meaning model Think, Pair, and Share (TPS) effective on the ability to write short stories are held in grade X SMAN 3 Dompu NTB. Keywords: Model Think, Pair, and Share (TPS), writing short stories, effective.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Oct 2017 07:10
Last Modified: 06 Oct 2017 07:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2953

Actions (login required)

View Item View Item