PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MANDIRI BERBASIS SOAL TERBUKA DALAM PEMBELAJARAN KALKULUS PADA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Arsid, Irfan (2016) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MANDIRI BERBASIS SOAL TERBUKA DALAM PEMBELAJARAN KALKULUS PADA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKeL.docx

Download (72kB)

Abstract

PPs Universitas Negeri Makassar ABSTRAK Desain pembelajaran pada penelitian ini disusun mengikuti alur pengembangan yang dilakukan Jeroard E. Kemp. Prosedur desain pengembangan yang dilakukan oleh peneliti dilakukan secara bersiklus seperti yang digambarkan oleh Ploomp yang meliputi 4 tahap yaitu: (1) Fase Investigasi Awal (Preliminary Investigation Phase), mencakup kajian teori pendukung, analisis masalah pembelajaran, analisis kurikulum, analisis karakteristik mahasiswa, dan analisis konsep,(2) FasePerancangan (Design Phase) pada fase ini dirancang perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian yang dibutuhkan,(3) Fase Realisasi/Konstruksi (Realization/Construction Phase), pada fase ini, dilakukan penyusunan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian berdasarkan rancangan yang telah disusun di fase desain., dan (4) Fase Tes, Evaluasi, dan Revisi (Test, Evaluation and Revision Phase), pada fase ini dilakukan dua kegiatan utama, yaitu: (1) Validasi perangkat pembelajaran dan (2) Uji Coba. Desain pembelajaran mandiri berbasis soal tetrbuka yang telah didesain telah divalidasi oleh dua ahli dan direvisi sehingga layak untuk digunakan atau sudah valid. Hasil dari ujicoba menunjukkan bahwa desain pembelajaran mandiri berbasis soal terbuka bersifat, efektif dan praktis, yaitu (1) persentase kreativitas mahasiswa adalah 63% yang jika dilihat dari criteria ketuntasan sudah ccukup kreatif. Dan 34 orang dari 39 orang sudah diatas nilai 61 sehingga dinyatakan telah tuntas secara klasikal.; (2) berdasarkan penilaian umum yang dilakukan oleh dua orang pengamat yang menyatakan bahwa nilai rata-rata keterlaksanaan aspek pembelajaran berada dalam kategori terlaksana seluruhnya. Kata Kunci: Desain Pembelajaran Mandiri, Soal Terbuka, Kalkulus

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Oct 2017 07:00
Last Modified: 06 Oct 2017 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2949

Actions (login required)

View Item View Item