Intensive and Extensive Speaking Instructional Approaches: Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Tingkat Menengah Bagi Mahasiswa Calon Guru Bahasa Inggris

Baso Jabu, - and Chairil Anwar Korompot, - (2019) Intensive and Extensive Speaking Instructional Approaches: Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Tingkat Menengah Bagi Mahasiswa Calon Guru Bahasa Inggris. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL LP2M UNM - 2019 “Peran Penelitian dalam Menunjang Percepatan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Prosiding (Intensive and Extensive Speaking Instructional Approaches Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Tingkat Menengah Bagi Mahasiswa Calon Guru Bahasa Inggris).pdf

Download (808kB)

Abstract

Abstrak. Dalam penerapan Intensive Speaking Instructional Approach (ISIA), pembelajaran keterampilan berbicara (speaking) dilakukan lebih banyak di dalam kelas. Aktivitas diinisiasi oleh pengajar (dosen/guru) dan direncanakan untuk peserta didik (siswa/mahasiswa). Selain merencanakan, pengajar memilih bahan ajar, membimbing dan mengelola kegiatan dan latihan, memberi umpan-balik, dan menilai hasil belaja. Sebaliknya, dalam Extensive Speaking Instructional Approach (ESIA), pengembangan keterampilan berbicara lebih banyak terjadi di luar ruang kelas melibatkan pengajar, peserta didik, dan pihak-pihak lain yang beragam. Aktivitas ini didasarkan pada topik yang dipilih, dikembangkan, dibahas, ditanggapi, dan bahkan dinilai sendiri oleh peserta didik. Dalam penelitian ini, ISIA dan ESIA dipadukan untuk mengembangkan model pembelajaran Intermediate Speaking yang dirancang untuk mahasiswa calon guru bahasa Inggris yang duduk di semester tiga. Dalam makalah ini diuraikan temuan utama penelitian ini, yaitu model pembelajaran untuk perkuliahan Intermediate Speaking dengan menerapkan ISIA-ESIA. Model pembelajaran ini tertuang dalam bentuk rancangan yang di dalamnya terdapat silabus (berisi satuan-satuan pembelajaran), tujuan dari setiap satuan pembelajaran, perangkat penilaian formatif dan sumatif, langkah-langkah penerapan atau strategi pembelajaran berbasis ISIA-ESIA, dan bahan ajar yang digunakan. Kata kunci: model pembelajaran, pendekatan intensif-ekstensif, keterampilan berbicara, calon guru bahasa Inggris, pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asin

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Jun 2023 03:47
Last Modified: 17 Jun 2023 00:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29466

Actions (login required)

View Item View Item