Pengembangan Pembelajaran Berpikir Kritis-Kreatif Berbasis Blended Learning di SMA

A. H. Rofi'uddin, A. H. Rofi'uddin and Susanto, Gatut and Widyartono, Didin and Sultan, Sultan and Muzakki, Helmi (2022) Pengembangan Pembelajaran Berpikir Kritis-Kreatif Berbasis Blended Learning di SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5 (2). pp. 527-536. ISSN 2615-8655

[img] Text (Artikel)
Pengembangan Pembelajaran Berpikir Kritis-Kreatif Berbasis.pdf

Download (696kB)
Official URL: https://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/artic...

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran berpikir kreatif-kritis dan uji efektivitasnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode Four D Thiagarajan. Pertama, penetapan, meliputi melakukan kajian teoretis, baik kajian pustaka maupun kajian hasil penelitian dan melakukan kajian empiris: problematik, karakteristik peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, perumusan tujuan pembelajaran. Kedua, perancangan, meliputi draf prototipe model pembelajaran. Ketiga, produksi, meliputi pembuatan prototipe dan melakukan uji coba. Keempat, penyebaran, meliputi penyebaran produk. Hasil akhir produk ini berupa sintaks pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA yang berwujud aktivitas 5 M, yaitu menstimulasi, mengeksplorasi, memberi respons, memproduksi, dan merefleksi. Berdasarkan hasil uji coba, diketahui bahwa terjadi kenaikan skor 7,7 dalam skala 100. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kreatif-kritis 5 M efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: perencanaan pembelajaran, pemikiran kritis-kreatif, pembelajaran campuran
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 03 Jun 2023 03:06
Last Modified: 03 Jun 2023 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29462

Actions (login required)

View Item View Item