Peningkatan Kemampuan Speaking melalui Metode Flipped Classroom Pada Siswa Kelas X SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda Kalimantan Timur

Kristoforus Gustian;, - and Chairil A.Korompot, - and Elly Fatmasari, - (2022) Peningkatan Kemampuan Speaking melalui Metode Flipped Classroom Pada Siswa Kelas X SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda Kalimantan Timur. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4 (1).

[img] Text
Jurnal (Peningkatan Kemampuan Speaking melalui Metode Flipped Classroom Pada Siswa Kelas X SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda Kalimantan Timur).pdf

Download (472kB)

Abstract

Abstrak A. PENDAHULUAN Dalam pembelajaran Bahasa Inggris khususnya kemampuan speaking, kebanyakan siswa menganggap sulit dan takut berbicara salah, akibatnya mereka tidak berani dan menghindar jika diajak berbicara. Setiap kali pengambilan nilai praktek Bahasa Inggris, sebagian besar siswa kurang percaya diri yang menyebabkan tidak mampu berbicara secara baik sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dengan pencapaian nilai di bawah KKM (70). Melihat kenyataan ini, bersama guru Bahasa Inggris SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda penulis berkolaborasi mencari metode yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang ada. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba menerapkan metode Flipped Classroom, sebuah metode pembelajaran terbalik yang mana siswa secara aktif belajar sebelum pembelajaran tatap muka (real time) di kelas dengan bantuan video pembelajaran, blog, LKPD, dan sumber belajar yang lain, sehingga siswa secara mandiri dan percaya diri mengekspresikan dirinya karena sudah memahami materi yang akan dipelajari, dengan harapan akan meningkatkan hasil belajar siswa khususnya kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan speaking siswa Kelas X SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda melalui metode Flipped Classroom. Hasil dari PTK ini diharapkan akan memberikan manfaat bagi siswa, guru, dan sekolah terutama dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Bagi siswa, bisa meningkatkan motivasi, kemandirian, dan sikap percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris. Bagi guru, bisa mengembangkan kreatifitas pembelajaran dengan metode terbaru sesuai dengan konteks Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Flipped Classroom dapat meningkatkan Kemampuan Speaking siswa kelas X SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda pada semester genap 2020/2021 yang berjumlah 30 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes speaking dan lembar observasi. Data tersebut dianalisis dan diperoleh skor rata-rata pada pratindakan sebesar 62,78%, yang menunjukkan 77% siswa mengalami masalah dalam speaking, kemudian siklus I mengalami peningkat dengan skor rata-rata 72.87%, selanjutnya pada siklus II diperoleh skor 83,17 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Flipped Classroom dapat meningkatkan kemampuan speaking siswa. Kata Kunci: Speaking; Metode Flipped Classroom; Bahasa Inggris

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Jun 2023 09:58
Last Modified: 17 Jun 2023 00:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29444

Actions (login required)

View Item View Item