Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Mengungkap Makna Teks Deskriptif pada Siswa Kelas VII MTS Al Maarif 2 Tirtomoyo Kab. Wonogiri Jawa Tengah

Muh Syaiful Anwar;, - and Chairil Anwar Korompot, - and Nurdiana Nawir, - (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Mengungkap Makna Teks Deskriptif pada Siswa Kelas VII MTS Al Maarif 2 Tirtomoyo Kab. Wonogiri Jawa Tengah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4 (2).

[img] Text
Jurnal (Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Mengungkap Makna Teks Deskriptif pada Siswa Kelas VII MTS Al Maarif 2 Tirtomoyo Kab. Wonogiri Jawa Tengah).pdf

Download (465kB)

Abstract

Abstrak A. PENDAHULUAN Pembelajaran bahasa inggris tidak dapat dilepaskan dari tujuan agar siswa mampu untuk berkomunikasi secara lisan maupun tertulis. Untuk dapat berkomunikasi dengan baik siswa harus dapat menguasai empat keterampilan utama dalam pembelajaran bahasa inggris meliputi keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Empat ketrampilan ini merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak bisa dipisah-pisahkan. Tetapi dalam penyampaian materi, proses kegiatan pembelajaran dan penilaiannya dapat dilakukan terpisah agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan siswa dalam menangkap makna teks deskriptif pendek dan sederhana. Penelitian Tindakan Kelas ini didasarkan pada permasalahan siswa yang kurang memahami isi teks deskriptif yang diajarkan di dalam kelas sehingga banyak siswa yang tidak dapat menjawab soal terkait teks deskripyif dengan tepat. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 20 Oktober 2021 hingga 30 Oktober 2021 di kelas VII Mts Al Maarif 2 Tirtomoyo yang berjumlah 27 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus dimulai dengan tahapan perencanaan tindakan, dilanjutkan pelaksanaan tindakan model Problem Based Learning dan diakhiri dengan refleksi. Metode pengumpulan data adalah melalui lembar observasi kegiatan belajar mengajar dan tes formatif. Metode analisis data secara deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil rata-rata yang diperoleh siswa pada Siklus I adalah 6,3 dan pada Siklus II naik

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Jun 2023 09:54
Last Modified: 17 Jun 2023 00:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29443

Actions (login required)

View Item View Item