Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Teks Fungsional Pendek Berbentuk “Greeting Card” Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learningdi MTS Darul Hidayah Rasau Jaya Kab. KuburayaKalimantan Barat

Wiwik Kartini;, - and Chairil Anwar Korompot, - and Nur Diana Nawir, - (2021) Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Teks Fungsional Pendek Berbentuk “Greeting Card” Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learningdi MTS Darul Hidayah Rasau Jaya Kab. KuburayaKalimantan Barat. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 3 (4).

[img] Text
Jurnal (Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Teks Fungsional Pendek Berbentuk “Greeting Card” Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di MTS Darul Hidayah Rasau Jaya Kab. Kuburaya Kalimantan Barat).pdf

Download (430kB)

Abstract

Abstrak A. PENDAHULUAN Salah satu tujuan pembelajaran bahasa inggris adalah agar peserta didik mampu untuk berkomunikasi secara lisan maupun tertulis. Empat keterampilan utama dalam pembelajaran bahasa inggris meliputi keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Empat ketrampilan ini merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak bisa dipisah-pisahkan. Tetapi dalam penyampaian materi, proses kegiatan pembelajaran dan penilaiannya dapat dilakukan terpisah agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi teks fungsional pendek berbentuk “Greeting Card”. (2) Untuk mengetahui seberapa tinggi pemahaman dan penguasaan materi teks fungsional pendek berbentuk “Greeting Card” setelah diterapkannya pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang didasarkan pada permasalahan siswa mengerjakan tes tulis pada materi teks fungsional pendek berbentuk “Greeting Card”, banyak jawaban yang kurang tepat sehingga tidak bisa memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2021 hingga 25 Oktober 2021. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII C Mts Darul Hidayah Rasau Jaya yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dimulai dengan tahapan perencanaan tindakan,

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Jun 2023 09:46
Last Modified: 17 Jun 2023 00:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29441

Actions (login required)

View Item View Item