EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KOTA MAKASSAR

Arif, Andi Muhammad (2016) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KOTA MAKASSAR. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (34kB)

Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan Program Pembelajaran Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan dilihat dari: (1) aspek konteks yang meliputi tujuan diadakannya program, lingkungan, serta kebutuhan program; (2) aspek input yang meliputi latar belakang guru kewirausahaan, kurikulum (silabus dan RPP), serta ketersediaan fasilitas (sarana & prasarana); (3) aspek proses yang meliputi kinerja guru, sikap peserta didik, serta motivasi peserta didik, dan (4) aspek produk meliputi hasil belajar program pembelajaran kewirausahaan. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi yang menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek dalam evaluasi ini ialah peserta didik, guru mata pelajaran kewirausahaan, serta kondisi sekolah itu sendiri baik dari segi sarana dan prasarana, lingkungan, serta kurikulum yang digunakan. Penelitian ini dilaksanakan di empat SMK di Kota makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (a) Aspek konteks program pembelajaran kewirausahaan di SMK dengan komponen tujuan program berada kualifikasi sangat baik, komponen lingkungan berada pada kualifikasi baik, dan pada komponen kebutuhan program berada pada kualifkasi sangat baik; (b) Aspek input program pembelajaran kewirausahaan di SMK dengan komponen latar belakang guru berada pada kualifikasi baik, komponen silabus dan RPP berada pada kualifikasi kurang baik, dan komponen fasilitas berada pada kualifikasi baik; (c) Aspek proses program pembelajaran kewirausahaan di SMK dengan komponen kinerja guru berada pada kualifikasi sangat baik, komponen sikap peserta didik berada pada kualifikasi baik, dan pada komponen motivasi peserta didik berada pada kualifikasi baik; (d) Aspek produk dengan komponen hasil belajar peserta didik pada program pembelajaran kewirausahaan di SMK berada pada kualifikasi baik Kata Kunci : Media Pembelajaran, Mobile Learning Android.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Oct 2017 06:38
Last Modified: 06 Oct 2017 06:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2944

Actions (login required)

View Item View Item