Alfisyah, - and Chairil Anwar Korompot, - and Nurdiana Nawir, - (2022) Efektivitas Metode Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Procedure Text Siswa Kelas XII MAN Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4 (1).
Text
Jurnal (Efektivitas Metode Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Procedure Text Siswa Kelas XII MAN Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan).pdf Download (742kB) |
Abstract
Abstrak A. PENDAHULUAN Penguasaan kemampuan Bahasa Inggris (Language Skill) merupakan sebuah syarat mutlak yang harus dimiliki di era komunikasi dan globalisasi saat ini. Pembelajaran Bahasa Inggris (Language Learning) di jenjang SMA/MA merupakan materi pokok sebagai bagian dari fungsi pengembangan diri siswa dalam bidang Ilmu Pengetahuan, teknologi dan seni yang diharapkan setelah menamatkan studi, Mereka mampu tumbuh dan berkembang menjadi individu yang cerdas, terampil dan berkepribadian sebagai bekal hidup di masa mendatang. Penguasan materi pelajaran Bahasa Inggris dalam jenjang SMA/MA meliputi empat keterampilan berbahasa, yaitu: menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Semua itu didukung Menulis merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang dirasa sering menjadi masalah bagi siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa dalam menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure pada semester ganjil tahun ini, 2021, sebanyak 60% siswa masih berada di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Permasalahan tersebut sangat menarik perhatian penulis untuk mencoba meningkatkan kemampuan siswa menulis teks berbentuk procedure melalui model pembelajaran make a match. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas XII MIPA MAN Kota Banjarbaru dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa untuk menyusun teks procedure, mengembangkan strategi pembelajaran dan model pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, hasil pengamatan mengindikasikan bahwa 17 dari 24 siswa (70,73%) terlihat aktif dalam proses pembelajaran. Nilai siswa hasil dari evaluasi test tulis siklus terakhir hanya 1 orang siswa (0,22%) saja yang masih belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Akhirnya penulis menyimpulkan implementasi tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk prosedur dan meningkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajara Kata Kunci: Pembelajaran Make A Match; Procedure Text; Bahasa Inggri
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 02 Jun 2023 01:54 |
Last Modified: | 17 Jun 2023 00:17 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29437 |
Actions (login required)
View Item |