Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Model Koopertif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Materi Pokok Hidrokarbon Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk Peserta Didik. (dibimbing oleh Tabrani Gani dan Tinggi Banggali)

SAMHARIANI., SAMHARIANI. (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Model Koopertif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Materi Pokok Hidrokarbon Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk Peserta Didik. (dibimbing oleh Tabrani Gani dan Tinggi Banggali). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
SAMHARIANI. 2014.docx

Download (17kB)

ABSTRAK SAMHARIANI. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Model Koopertif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Materi Pokok Hidrokarbon Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk Peserta Didik. (dibimbing oleh Tabrani Gani dan Tinggi Banggali)Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan/ Reserch and depelopment (R&D), yaitu pengembangan perangkat pembelajaran yang terdiri dari, buku ajar peserta didik, LKPD, RPP, dan Tes Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kimia model kooperatif tipe STAD ditinjau dari kecerdasan majemuk peserta didik dan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran kimia tersebut. Adapun lokasi yang dipilih sebagai tempat uji coba perangkat pembelajaran adalah SMA IT Wahdah Islamiyah yang bertempat di Makassar , dengan sasaran peserta didik kelas X SMA tersebut. Desain penelitian pengembangan perangkat yang dilakukan dibagi dalam 10 langkah, berdasarkan desain instruksional Dick and Carey. Secara keseluruhan perangkat yang dikembangkan ini memenuhi syarat sebagai perangkat yang berkualitas dengan melihat parameter penilaian perangkat, berupa: (1) mencapai kriteria valid berdasarkan penilaian tim validator ahli, (2) terlaksana sepenuhnya berdasarkan pengamatan para observer, (3) Memiliki keefektifan perangkat yang dapat dilihat dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan baik, aktivitas guru dan peserta didik yang tidak keluar dari batas toleransi dari waktu yang telah dialokasikan, data hasil belajar peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar 82,61%, hasil analisis respon peserta didik terhadap proses pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang menunjukkan respon yang baik. Kata Kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, STAD, kecerdasan majemuk, Dick and Carey, valid, terlaksana dan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Penlitian dan evaluasi Pendidikan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:49
Last Modified: 30 Nov 2016 11:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/294

Actions (login required)

View Item View Item