PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD SUDIRMAN I KOTA MAKASSAR

SITRIA (2023) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD SUDIRMAN I KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL 1.rtf

Download (324kB)
[img] Text
MOTTO.rtf

Download (35kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.rtf

Download (39kB)
[img] Text
ABSTRAK SITRIA.rtf

Download (53kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.rtf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL SITRIA.rtf

Download (48kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.rtf

Download (85kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.rtf

Download (210kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.rtf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (56kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3 KISI- KISI.rtf

Download (57kB)
[img] Text
LAMPIRAN 4 KISI- KISI.rtf

Download (57kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (33kB)

Abstract

Sitria. 2016. Pengaruh Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Sudirman I Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si dan Dr. Andi Nurochmah, M.Pd Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilandasi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa tidak tercapainya standar KKM siswa kelas V SDN Sudirman I Makassar, khususnya mata pelajaran Matematika disebabkan sistem pembelajaran penyajian materi diberikan hanya menjelaskan (Ceramah) dan tidak memberikan tugas disetiap akhir pertemuan membentuk siswa menjadi pasif, karena proses pembelajaran didominasi oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Sudirman I Kota Makassar ? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Sudirman I Kota Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen SDN Sudirman I Kota Makassar tahaun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 69 siswa sampel dilakukan tanpa acak atau penunjukan langsung. Data dikumpulkan dari pemberian tes hasil belajar pada ranah kognitif dan dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-t dua sampel independent sample t- test dan sample paired test. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata- rata hasil belajar matematika siswa kelas VB kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata- rata hasil belajar matematika siswa kelas VA sebagai kelas kontrol. Analisis statistik inferensial untuk uji hipotesis menggunakan program SPSS 20.0 for windows bahwa nilai t hitung > t tabel atau t hitung lebih besar dari t tabel, dengan taraf signifikasi hitung lebih kecil daripada taraf signifikasi tabel, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Pengaruh Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Sudirman I Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 May 2023 02:50
Last Modified: 30 May 2023 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29302

Actions (login required)

View Item View Item