PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) KELAS IV SDN NO 127 INPRES KO’MARA 1 KECAMATAN POLONGBANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR

SARINAH NURDIN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) KELAS IV SDN NO 127 INPRES KO’MARA 1 KECAMATAN POLONGBANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
LAMPIRAN AWAL.rtf

Download (109MB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (89kB)
[img] Text
LAMPIRAN AKHIR.docx

Download (8MB)

Abstract

SARINAH NURDIN, 2016. Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Kelas IV SDN No. 127 Inpres Ko’mara 1 Kecematan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Hikmawati Usman S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing I dan Drs.Mufa’adi M.Si, selaku pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan hasil belajar SBK siswa kelas IV SDN No.127 Inpres Ko’mara 1 Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK kelas IV SDN No.127 Inpres Ko’mara 1 Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapan model pembelajaran kooperatif tipe (NHT) pada mata pelajaran SBK kelas IV SDN No.127 Inpres Ko’mara 1 Kecamatana Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah model pembelajaran tipe NHT dan hasil belajar SBK. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN No.127 Inpres Ko’mara 1 Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar, sebanyak 25 siswa terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana pada setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes, format observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar SBK melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas IV SDN No.127 Inpres Ko’mara 1 Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun nilai hasil tes belajar siswa. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I masih berada pada kategori cukup, dan pada siklus II berada pada kategori baik. Sedangkan nilai hasil tes belajar siswa siklus I masih berada pada kategori cukup, dan siklus II mengalami peningkatan dan berada pada ketegori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran (SBK) di kelas IV SDN No.127 Inpres Ko’mara 1 Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 07:24
Last Modified: 29 May 2023 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29270

Actions (login required)

View Item View Item