PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES 15 LISU KECAMATAN TANETE RIAJA KABUPATEN BARRU

MISBAHUDDIN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES 15 LISU KECAMATAN TANETE RIAJA KABUPATEN BARRU.

[img] Text
MISBAHUDDIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

MISBAHUDDIN, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Inpres 15 Lisu Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Latang, M.Pd., dan Widya Karmila Sari A, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres 15 Lisu Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres 15 Lisu Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres 15 Lisu Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriktif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 14 orang, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) meningkatkan aktivitas mengajar guru dimana pada siklus I berada pada kategori cukup (B) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik (A). Aktifitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I berada pada kategori cukup (B) dan meningkat menjadi kategori baik (A) pada siklus II, hal tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai hasil belajar IPA siswa pada setiap siklus. Pada siklus I hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan secara klasikal, sedangkan pada siklus II telah mencapai ketuntasan secara klasikal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres 15 Lisu Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 03:20
Last Modified: 29 May 2023 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29254

Actions (login required)

View Item View Item