PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 SINJAI KECAMATAN SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI

SRI JUMRIANI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 SINJAI KECAMATAN SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
menuju hasil sri (1).docx

Download (424kB)

Abstract

Sri Jumriani, 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Sinjai Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Skripsi. Dibimbing oleh Hikmawati Usman, S.Pd, M.Pd dan Muhammad Irfan S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Sinjai Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Sinjai Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran pemecahan masalah pada siswa kelas V SD Negeri 03 Sinjai Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 23 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan dengan materi Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan secara signifikan dari kategori cukup pada siklus I meningkat menjadi kategori baik dan sangat baik pada siklus II berdasarkan atas beberapa aktivitas guru dan siswa yang telah diamati. Dengan nilai rata-rata hasil belajar Matematika pada Siklus I masuk pada kategori cukup (belum tuntas), selanjutnya pada Siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa berada pada ketegori baik.Kesimpulan penelitian ini adalah melalui pembelajaran pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa Kelas V SD Negeri 03 Sinjai Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 May 2023 06:25
Last Modified: 26 May 2023 06:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29222

Actions (login required)

View Item View Item