PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SATRIANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Awal Halaman.doc

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (27kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (7MB)

Abstract

Satriani, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Sosiodrama dalam MeningkatkanHasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS KelasIV SD InpresPerumnas KecamatanRappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr.Andi Makkasau,M.Si. dan Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran sosiodrama dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran sosiodrama dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah model pembelajaran sosiodrama dan hasil belajar IPS. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang yang terdiri dari 16 perempuan dan 21 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif. Hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar dilihat dari hasil penelitian pada siklus I yang berada pada kategori kurang dan pada siklus II berada pada kategori baik. Hal ini dapat pula dilihat dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa yaitu terjadi perbaikan dari setiap siklusnya. Pada siklus I menunjukkan hasil observasi aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup. Setelah dilaksanakan siklus II pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa meningkat menjadi baik. Dengan demikian penerapan model pembelajaran sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 May 2023 06:57
Last Modified: 25 May 2023 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29198

Actions (login required)

View Item View Item