PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III SD INPRES TAMALANREA I KOTA MAKASSAR

DIAN EKAWATY (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III SD INPRES TAMALANREA I KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI DIAN EKAWATY 1247442026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dian Ekawaty, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas III SD Inpres Tamalanrea I Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd dan Dr. Andi Cudai Nur, M.si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas III SD Inpres Tamalanrea I Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Inpres Tamalanrea I Kota Makassar?. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA siswa kelas III SD Inpres Tamalanrea I Kota Makassar melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dan hasil belajar IPA. Setting penelitian bertempat di SD Inpres Tamalanrea I Kota Makassar dengan subjek penelitian satu orang guru dan siswa kelas III SD Inpres Tamalanrea I Kota Makassar dengan jumlah 37 orang siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskripstif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas guru dan siswa, yaitu pada siklus I pertemuan I berada pada kategori cukup sedangkan pertemuan II masih berada pada kategori cukup. Kemudian pada siklus II pertemuan I sudah meningkat ke kategori baik, selanjutnya pada pertemuan II kembali meningkat menjadi kategori sangat baik. Sedangkan untuk hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu siklus I berada pada kategoribaik sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Selain itu, dapat juga dilihat dari peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Sehingga disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Tamalanrea I Kota Makassar pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 May 2023 06:04
Last Modified: 25 May 2023 06:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29189

Actions (login required)

View Item View Item