PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES TAMALANREA I KOTA MAKASSAR

NURZABANIYAH HUMAIRA PUTRI (2023) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES TAMALANREA I KOTA MAKASSAR.

[img] Text
pdf. SKRIPSI NURZABANIYAH HUMAIRA PUTRI 1247442022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nurzabaniyah Humaira Putri, 2016. Penerapan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Inpres Tamalanrea I Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom.,M.Pd dan Dr. Andi Cudai Nur, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres Tamalanrea I Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA setelah menerapkan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) di Kelas IV SD Inpres Tamalanrea I Kota Makassar?. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Tamalanrea I Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dan hasil belajar IPA. Setting penelitian bertempat di SD Inpres Tamalanrea I Kota Makassar dengan subjek penelitian satu orang guru dan siswa kelas IV SD Inpres Tamalanrea I Kota Makassar dengan jumlah 40 orang siswa yang terdiri dari 26 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskripstif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas guru dan siswa, yaitu pada siklus I pertemuan I berada pada kategori cukup sedangkan pertemuan II aktivitas guru berada pada kategori cukup dan aktivitas siswa masih berada pada kategori kurang. Kemudian pada siklus II pertemuan I masih berada pada kategori cukup, selanjutnya pada pertemuan II meningkat menjadi kategori baik. Sedangkan untuk hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Selain itu, dapat juga dilihat dari peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Sehingga disimpulkan bahwa melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Tamalanrea I Kota Makassar pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 May 2023 05:57
Last Modified: 25 May 2023 05:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29187

Actions (login required)

View Item View Item