Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Menggunakan Lembar Kerja Berstruktur Di SMP Negeri 1 Pallangga Gowa

Irfan Syahrul, - and Muh. Tawil, - and Bunga Dara Amien, - (2020) Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Menggunakan Lembar Kerja Berstruktur Di SMP Negeri 1 Pallangga Gowa. JPF, 2 (2). pp. 86-95. ISSN 2302-8939 |

[img] Text
Meningkatkan Hasil Belajar Fisika IRFAN.pdf

Download (320kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas VII1 SMP Negeri 1 Pallangga yang berjumlah 37 peserta didik terdiri dari 18 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat kegiatan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini diambil dari data hasil belajar fisika setiap akhir tes siklus I dan II, data tentang aktivitas belajar setiap pertemuan pada siklus I dan II dilakukan dengan menggunakan lembar observasi peserta didik dan data respon peserta didik dilakukan dengan menggunakan angket. Data hasil belajar fisika menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar pada siklus I adalah 23 orang (62%) dan pada siklus II meningkat menjadi 28 orang (76%). Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Berstruktur dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik Kelas VII1 SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 25 May 2023 05:14
Last Modified: 25 May 2023 05:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29171

Actions (login required)

View Item View Item