PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES PERUMNAS 1 MAKASSAR

Sri Wahyuni (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES PERUMNAS 1 MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL AWAL.doc

Download (46kB)
[img] Text
2. Sampul, Moto, Abstrak, Daftar Isi.doc

Download (146kB)
[img] Text
3. BAB I , II, III, IV dan V.doc

Download (340kB)
[img] Text
4. Lampiran-Lampiran.doc

Download (36MB)
[img] Text
5. RIWAYAT HIDUP.doc

Download (110kB)

Abstract

Sri Wahyuni, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Inpres Perumnas I Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Amrah, S.Pd, M.Pd dan Dra. Hj. St. Johara Nonci, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Perumnas I Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Index Card Match dalam meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Perumnas 1 Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Perumnas I Makassar. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah jika model pembelajaran Index Card Match diterapkan dalam pembelajaran, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Perumnas I Makassar dapat meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, dimana tiap siklus terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Index Card Match dan peningkatan hasil belajar IPA. Setting penelitian bertempat di SD Inpres Perumnas I Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I menunjukkan kategori cukup dan pada siklus II meningkat dengan menunjukkan kategori baik. Demikian pula dengan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siklus I berada pada kategori tidak tuntas dan meningkat pada siklus II menjadi tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Perumnas I Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 May 2023 02:04
Last Modified: 25 May 2023 02:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29132

Actions (login required)

View Item View Item