PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD INPRES PERUMNAS I KELURAHAN BONTO MAKKIO KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ASNIDAR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD INPRES PERUMNAS I KELURAHAN BONTO MAKKIO KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul skripsi.docx

Download (35kB)
[img] Text
3. sampul dkk.doc

Download (100kB)
[img] Text
bab 1 2 3 4 5.docx

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN REVISI.docx

Download (4MB)

Abstract

Asnidar, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada mata Pelajaran bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres Perumnas 1 Kelurahan Bonto Makkio kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Amrah, S.P.d dan Dr.Ansar,M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Inpres Perumnas 1 Kelurahan Bonto Makkio kecamatan Rappocini Kota Makassar? Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di kelas V SD Inpres Perumnas 1 makassar? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Perumnas 1 makassar .Untuk mengetahui hasil belajar bahasa indonesia melalui model role playing pada siswa kelas V SD Inpres Peumnas 1 makassar. Hipotetis tindakan penelitian ini adalah jika model pembeljaran role playing diterapkan,maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas V SD Inpres Prumnas I dapat meningkat.. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran role playing dan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia. hasil belajar bahasa Indonesia. Setting penelitian ini bertempat di SD Inpres Perumnas 1 Kelurahan Bonto Makkio kecamatan Rappocini Kota Makassar, dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru dan siswa kelas V yang berumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I menunjukkan kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori Baik pada siklus II. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Inpres Perumnas Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 May 2023 01:53
Last Modified: 25 May 2023 01:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29131

Actions (login required)

View Item View Item