ASNIAR, ASNIAR and NURHAYATI, NURHAYATI and Khaeruddin, Khaeruddin (2022) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK DI SMAN 11 MAKASSAR. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 18 (2). pp. 140-151. ISSN 2548-6373
Text (SINTA 5)
Artikel_Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika SINTA 5.pdf - Published Version Download (214kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian survei yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA SMAN 11 Makassar dalam pembelajaran fisika pada tahun ajaran 2021/2022. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu keterampilan berpikir kritis peserta didik. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 11 Makassar yang berjumlah 125 orang. Indikator keterampilan berpikir kritis yang diteliti meliputi interpretasi, analisis, dan inferensi. Data hasil penelitian diperoleh dengan cara memberikan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal fisika berada pada kategori rendah, dimana 67 peserta didik berada dalam kategori rendah dengan persentase 53,6%. Untuk indikator interpretasi berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 20%, serta analisis dan inferensi berada pada kategori rendah dengan persentase masing-masing 40%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Dr. Khaeruddin Khaeruddin |
Date Deposited: | 24 May 2023 12:39 |
Last Modified: | 24 May 2023 12:39 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29128 |
Actions (login required)
View Item |