PENERAPAN MODEL KOPERATIF TIPE LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI KAPOTA YUDHA 1 KOTA MAKASSAR

Satriani (2023) PENERAPAN MODEL KOPERATIF TIPE LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI KAPOTA YUDHA 1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SATRIANI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Kapota Yudha I Kota Makassar. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle meningkatkan hasil belajar Ips pada siswa kelas V SD Negeri Kapota Yudha 1 kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Learning Cycle pada siswa kelas V SD Negeri Kapota Yudha 1 Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle dan hasil belajar IPS siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 29 orang terdiri dari 9 laki-laki dan 20 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. aktivitas mengajar guru dan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Aktivitas mengajar guru pada siklus I termasuk kateguri Cukup dan siklus II yaitu kategori Cukup. Aktivitas belajar siswa pada siklus I termasuk kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi kategori Baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS melalui Model kooperatif tipe Learning Cycle mengalami peningkatan yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup (belum tuntas) dan siklus II berada pada kategori baik (tuntas). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Leraning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Kapota Yudha I Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 07:27
Last Modified: 24 May 2023 07:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29117

Actions (login required)

View Item View Item