PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM ASPEK KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD INPRES TALLO TUA II KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

MAGHFIRAH MUHIDDIN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM ASPEK KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD INPRES TALLO TUA II KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL SAMPAI DFTR LAMPIRAN.doc

Download (135kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.docx

Download (1MB)
[img] Text
ALL BAB.docx

Download (113kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa dalam menentukan pokok pikiran tiap paragraf. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam aspek keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Inpres Tallo Tua II Kecamatan Tallo Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam aspek keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Inpres Tallo Tua II Kota Makassar.Hipotesis tindakan penelitian ini adalah jika model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) diterapkan, maka hasil belajar siswa pada keterampilan membaca di kelas IV SD Inpres Tallo Tua II dapat meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, dimana tiap siklus terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model pemebelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman. Setting penelitian bertempat di SD Inpres Tallo Tua II dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.Data hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus. Hasil penelitian keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Inpres Tallo Tua II Kecamatan Tallo Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 06:52
Last Modified: 24 May 2023 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29111

Actions (login required)

View Item View Item