Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 1 Liliriaja Kab. Soppeng.

Yusriadi, Yusriadi (2014) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 1 Liliriaja Kab. Soppeng. S1 thesis, Universitas Negeri Mkassar.

[img] Text
skripsi 2.docx

Download (2MB)

ABSTRAK Yusriadi, 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 1 Liliriaja Kab. Soppeng. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Burhanuddin Pabitjara dan Jumadi.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sejarah melalui penerapan pembelajaran Kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Liliriaja Soppeng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini, metode pembelajaran dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran Kooperatif model Teams Games Tornament (TGT) yang dimulai dari tahap presentasi Kelas, tahap pembagian tim,tahap permainan, tahap turnamen dan tahap penghargaan tim. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini meliputi indikator proses dan hasil belajar. Hasil penelitian pada hasil belajar sejarah siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Liliriaja Soppeng dengan penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) yang difokuskan pada peningkatan hasil belajar sejarah siswa dan aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan Pembelajaran TGT yang berlangsung melalui lima tahap, yaitu tahap presentasi, tahap pembagian tim, tahap permainan, tahap turnamen, dan tahap penghargaan tim. Selama penelitian ini berlangsung dari siklus pertama dan siklus kedua mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan hasil pembelajarn prapenelitian dimana tingkat pencapaian siswa di bawah 70% jauh di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sejarah melalui pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Liliriaja Soppeng dari kategori kurang pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II dengan peningkatan yang signifikan. Selain itu, terjadi peningkatan aktivitas siswa dan guru di dalam pelaksanaan proses belajar mengajar sesuai dengan hasil observasi selama tindakan berlangsung maupun hasil refleksi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sejarah
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:49
Last Modified: 07 Mar 2018 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item View Item