PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI MACCINI II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

HARDIANTI HAMSAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI MACCINI II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul dsb.rtf

Download (850kB)
[img] Text
Hardianti.rtf

Download (349MB)
[img] Text
Analisis data.docx

Download (33kB)

Abstract

Hardianti Hamsah, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri Maccini II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. ( dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom.,M.Pd dan Dra. Hj. St. Murni, M.Hum). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Maccini II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Maccini II Kecamatan Makassar Kota Makassar? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Maccini II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group. Tahap penelitian dimulai dari pretest, treatment, dan posttest. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas model pembelajaran mind mapping dan variabel terikat keterampilan menulis siswa. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Maccini II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Adapun teknik pengumpulan data adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Maccini II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Kesimpulan penelitian ini model pembelajaran mind mapping berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Maccini II Kecamatan Makassar Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 06:03
Last Modified: 24 May 2023 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29097

Actions (login required)

View Item View Item