Abriyanti Dwi Lestari A. (2023) PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN BONTOCINDE DESA PANAKKUKANG KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA.
Text
SAMPUL USULAN PENELITIAN.doc Download (41kB) |
|
Image
Lembar Persetujuan.jpg Download (740kB) |
|
Image
Lembar Pengesahan.jpg Download (877kB) |
|
Text
MOTO.doc Download (30kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc Download (32kB) |
|
Text
Abstrak.doc Download (36kB) |
|
Text
PRAKATA.doc Download (39kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.doc Download (33kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.doc Download (30kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.doc Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.doc Download (35kB) |
|
Text
BAB I SQ3R.doc Download (55kB) |
|
Text
BAB II SQ3R.doc Download (101kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (40kB) |
|
Text
dokumentasi.doc Download (14MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.doc Download (960kB) |
Abstract
Abriyanti Dwi Lestari A. 2016. Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Bontocinde Desa Panakkukang Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh pembimbing I, Khaerunnisa, S.Pd.I, MA dan pembimbing II, Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si. Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Bontocinde Desa Panakkukang Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Bontocinde Desa Panakkukang Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Bontocinde Desa Panakkukang Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain deskriptif yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian yaitu Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), dan keterampilan membaca pemahaman. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Bontocinde Desa Panakkukang Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa dengan jumlah siswa 18 orang terdiri dari 4 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah mereduksi data, menyajikan data, kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian yaitu pada aspek guru terjadi peningkatan dari siklus dan II. Pada siklus I hasil observasi guru dikualifikasikan cukup (C), siklus II dikualifikasikan baik (B). Hasil observasi siswa pada siklus I dikualifikasikan cukup (C), pada siklus II dikualifikasikan baik (B). Hasil belajar siswa pada siklus I dikualifikasikan kurang (K), siklus II dengan kualifikasi baik (B) dengan jumlah siswa yang tuntas 15 orang dan tidak tuntas 3 orang. Kesimpulan hasil penelitian yaitu penerapan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Bontocinde Desa Panakkukang Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa Meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 May 2023 03:14 |
Last Modified: | 24 May 2023 03:14 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29094 |
Actions (login required)
View Item |