PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD INPRES PA’BAENG-BAENG KOTA MAKASSAR

ASDINAR ASRUL (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD INPRES PA’BAENG-BAENG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul pertama.docx

Download (18kB)
[img] Text
sampul kedua.docx

Download (48kB)
[img] Text
file skaripsi asli dinar.docx

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Inpres Pa’baeng-Baeng Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Pa’baeng-Baeng Kota Makassar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) diterapkan pada mata pelajaran IPS, maka hasil belajar siswa di kelas V SD Inpres Pa’baeng-Baeng Kota Makassar meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dan hasil belajar siswa. Setting penelitian ini bertempat di kelas V SD Inpres Pa’baeng-Baeng Kota Makassar dengan subyek penelitian sebanyak 34 siswa, 20 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai pengajar serta memberikan petunjuk kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskripitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi proses siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan sedangkan segi hasil pada siklus I hasil belajar siswa berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik sekali (BS). Kesimpulannya adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Pa’baeng-Baeng Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 06:34
Last Modified: 23 May 2023 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29070

Actions (login required)

View Item View Item