PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD UNGGULAN PURI TAMAN SARI KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

NUR AFNI ANUGRAH (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD UNGGULAN PURI TAMAN SARI KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
proposal uga.docx

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Unggulan Puri Taman Sari Kecamatan Manggala Kota Makassar. Rumusan Masalahnya yaitu Bagaimanakah Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SD Unggulan Puri Taman Sari Kecamatan Manggala Kota Makassar? Tujuannya untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SD Unggulan Puri Taman Sari Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelasyang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Setting penelitian ini dilaksanakan di SD Unggulan Puri Taman Sari Kecamatan Manggala Kota Makassar. Subjek penelitian adalah 36 siswa, jumlah siswa laki-laki 11 orang dan jumlah siswa perempuan 25 orang dan 1 orang guru. Pelaksanaan kegiatan ini, penulis bertindak sebagai peneliti. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklusI hasil observasi aktivitas mengajar guru dan hasil observasi aktivitas belajar siswa berketegori Cukup dan hasil belajar siswa berkategori cukup dengan nilai siswa rata-rata 73,88, sedangkan pada Siklus II hasil observasi aktivitas mengajar guru dan hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan pada kategori baik dan hasil belajar siswa berkategori sangat baik dengan nilai siswa rata-rata 85. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah (PBM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SD Unggulan Puri Taman Sari Kecamatan Manggala Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 06:06
Last Modified: 23 May 2023 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29061

Actions (login required)

View Item View Item