Peranan Guru Sejarah dalam Menanamkan Rasa Nasionalisme pada Siswa Kelasa XI di SMA Negeri 1 Bantaeng

Ismail, Ismail (2016) Peranan Guru Sejarah dalam Menanamkan Rasa Nasionalisme pada Siswa Kelasa XI di SMA Negeri 1 Bantaeng. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
BAB. I. PENDAHULUAN.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB. V. KESIMPULAN DAN SARAN.docx

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK , 2016. , (dibimbing oleh Darman Manda dan Mustari) Peranan rasa nasionalisme sangat begitu penting karna rasa nasionalisme merupakan dasar untuk dapat menjadi bagian dari bangsa dan negara oleh karena itu dibutuhkan suatu peran dan upaya guru sejarah dalam menanamkan rasa nasionalisme. Oleh karna itu peneliti tertarik dengan mengankat fokus masalah penelitian ini adalah :(1). Bagaimanakah peranan seorang guru sejarah dalam menanamkan rasa nasionalisme pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bantaeng, (2). Faktor penghambat dan pendukung seorang guru sejarah dalam menanamkan rasa nasionalisme pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bantaeng, (3). Bagaimana upaya guru sejarah dalam menanamkan rasa nasionalisme pada siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Bantaeng. Tujuan penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui peranan guru sejarah dalam menanamkan rasa nasionalisme pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bantaeng, (2). Faktor penghambat guru sejarah dalam menanamkan rasa nasionalisme pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bantaeng, (3). Upaya guru sejarah dalam menanamkan rasa nasionalisme pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bantaeng Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil penelitian di SMA Negeri 1 Bantaeng di kelas XI IPA, IPS dan Bahasa. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut adalah : Peran guru sejarah dalam nasionalisme pada siswa di kelas XI IPA, IPS, Bahasa di SMA Negeri 1 Bantaeng dalam hal ini guru sejarah sebagai pembimbing, guru sejarah sebagai jembatan antar generasi dan guru sejarah sebagai pencari. Faktor penghambat yang di hadapi guru sejarah dalam menanamkan rasa nasionalisme adalah adanya latar belakang keluarga yang berbeda-beda, faktor pengaruh lingkungan yang tidak memcontohkan kepada perilaku rasa nasionalisme dan faktor pengaruh teknologi dan globalisasi yang berdampak negatif pada perilaku siswa. Upaya guru sejarah dalam menanamkan rasa nasionalisme adalah dengan cara memberi stimulans kreaktivitas, melakukan studi situs sejarah, guru sejarah mampuh memberikan pembelajaran dengan cara menggunakan teknologi media gambar, vidio dan rekaman. Sehingga dapat memberikan kesadaran, meningkatkan pemahaman dan penghayatan yang sebenar-benarnya terhadap pentingnya rasa nasionalisme.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Oct 2017 06:45
Last Modified: 03 Oct 2017 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2906

Actions (login required)

View Item View Item