PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 26 PAKKOLA KECAMATAN BANGGAE KABUPATEN MAJENE

Hadriyanti Hasan (2023) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 26 PAKKOLA KECAMATAN BANGGAE KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
Sampul depan.doc

Download (44kB)
[img] Text
sampul dalam.doc

Download (46kB)
[img] Text
Bab I.doc

Download (67kB)
[img] Text
Bab II.doc

Download (126kB)
[img] Text
Bab III.doc

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (102kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (31kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.doc

Download (42kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.doc

Download (44kB)

Abstract

Berdasarkan observasi di lapangan, pada mata pelajaran IPS ternyata masih rendah, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 26 Pakkola Kecamatan Banggae Kabupaten Majene?. Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran IPS guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 26 Pakkola Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari siklus I dan siklus II dari setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah proses penggunaan media gambar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Media Gambar. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 26 Pakkola sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa dan guru kelas III SD Negeri 26 Pakkola Kecamatan Banggae Kabupaten Majene dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang yang terdiri 9 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, instrumen tes berupa tes siklus, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas proses pembelajaran guru dan siswa serta hasil belajar IPS. Dilihat siklus I dengan kategori cukup dan siklus II dengan kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media gambar pada pembelajaran IPS khususnya pada materi pokok Kenampakan Alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri 26 Pakkola Kecamatan Banggae Kabupaten Majene.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 05:42
Last Modified: 23 May 2023 05:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29055

Actions (login required)

View Item View Item