PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 224 PALLAWA KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

ASTONO (2023) PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 224 PALLAWA KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
Jurnal yusniatika (1).pdf

Download (455kB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan Media Tiga Dimensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media tiga dimensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setting penlitian ini adalah SD Negeri 224 Pallawa dan Subjek penelitian adalah guru dan siswa dengan jumlah siswa 28 orang terdiri dari 20 laki-laki dan 18 perempuan. Adapun fokus penelitian ini yaitu media tiga dimensi sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Begitu pun pada Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I mengalami peningkatan dari kategori kurang (K) pada siklus I meningkat menjadi kategori cukup (C) dan pada siklus II dari cukup (C) menjadi baik (B). Aktivitas siswa pada siklus I mengalami peningkatan dari kategori kurang (K) pada siklus I meningkat menjadi kategori cukup (C) dan siklus II dari cukup (C) menjadi baik (B). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan Media Tiga Dimensi pada mata pelajaran IPS dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 224 Pallawa Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 03:30
Last Modified: 23 May 2023 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29049

Actions (login required)

View Item View Item