Penerapan Metode Drill Bermedia Scrapbook dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas X Tunagrahita di SKhN 1 Kendari

Sukarwanto, (2023) Penerapan Metode Drill Bermedia Scrapbook dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas X Tunagrahita di SKhN 1 Kendari.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI SUKARWANTO.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian(ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan keterampilan berbicara pada siswa kelas X tunagrahita di SKhN 1 Kendari. Tujuan penelitian(ini digunakan untuk mengetahui: 1.Hasil belajar keterampilan berbicara sebelum menerapkan metode drill bermedia scrapbook pada siswa tunagrahita di SKhN 1 Kendari, 2. Hasil belajar Keterampilan berbicara setelah menerapkan metode drill bermedia scrapbook pada siswa tunagrahita di SKhN 1 Kendari 3. Peningkatan hasil belajar keterampilan berbicara setelah menerapkan metode drill bermedia scrapbook pada siswa tunagrahita di SKhN 1 Kendari. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah seorang siswa tunagrahita kelas X di SKhN 1 Kendari yang berinisial YI. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes lisan. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif membandingkan nilai dari tes awal dengan tes akhir, mendeskripsikan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) keterampilan berbicara sebelum menerapkan metode drill bermedia scrapbook pada siswa tunagrahita di SKhN 1Kendari berada pada kategori tidak mampu, 2) keterampilan berbicara sesudah menggunakan metode drill bermedia scrapbook pada siswa tunagrahita di SKhN 1 Kendari berada pada kategori mampu, 3) terdapat peningkatan keterampilan berbicara sesudah menerapkan metode drill bermedia scrapbook pada siswa tunagrahita di SKhN 1 Kendari dari kategori belum mampu meningkat menjadi kategori mampu. Dengan demikian, keterampilan berbicara siswa setelah diberikan perlakuan meningkat dan lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Kata Kunci: Metode Drill Bermedia Scrapbook, Keterampilan Berbicara, Tunagrahita

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 03:16
Last Modified: 23 May 2023 03:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29046

Actions (login required)

View Item View Item