MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MURID DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE LATIHAN DI KELAS IV SD INPRES PANGKABINANGA KECAMATAN PALLANGGA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA

ST. HASNIAH (2023) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MURID DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE LATIHAN DI KELAS IV SD INPRES PANGKABINANGA KECAMATAN PALLANGGA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
HASNIAH-AWAL.doc

Download (305kB)
[img] Text
HASNIAH-KET BERBICARA.doc

Download (548kB)

Abstract

Studi ini mengkaji keterampilan berbicara murid dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui metode latihan. Masalah pokok penelitian, yaitu apakah keterampilan berbicara murid dalam pembelajaran bahasa Indonesia meningkat melalui metode latihan di kelas IV SD Inpres Pangkabinanga Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui keterampilan berbicara murid dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui metode latihan di kelas IV SD Inpres Pangkabinanga Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah murid kelas IV sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan tes, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian yaitu terdapat peningkatan keterampilan berbicara murid dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Inpres Pangkabinanga Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa melalui meetode latihan dengan materi alat-alat pertanian tradisional dan modern, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Secara kualitatif, pada siklus pertama keterampilan berbicara murid dalam kategori kurang mampu, kemudian meningkat menjadi kategori cukup mampu pada siklus kedua.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 02:57
Last Modified: 23 May 2023 02:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29042

Actions (login required)

View Item View Item