PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS V SD INPRES TAMALANREA V KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR

JUBEDA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS V SD INPRES TAMALANREA V KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Halaman depan.doc

Download (388kB)
[img] Text
Skripsi.doc

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Tamalanrea V Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar melalui pendekatan kontekstual. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas V SD Inpres Tamalanrea V Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar pada semester ganjil tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah tiga puluh lima orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, siklus satu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi begitu juga dengan siklus dua. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan siklus II serta observasi dan tanggapan siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar matematik siswa kelas V SD Inpres Tamalanrea V Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar pada akhir siklus satu sebesar enam puluh koma dua nol dari skor ideal yang mungkin dicapai siswa yaitu seratus dan berada pada kategori sedang. Pada akhir siklus II skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar tujuh puluh satu koma tujuh satu dari skor ideal yang mungkin dicapai siswa yaitu seratus berada pada kategori tinggi. Secara kualitatif, terjadi peningkatan partisipasi keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Inpres Tamalanrea V Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 02:51
Last Modified: 23 May 2023 02:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29041

Actions (login required)

View Item View Item