PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PENERAPAN BERMAIN SLIME PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS II DI SLB NEGERI 1 MAKASSAR

Riani (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PENERAPAN BERMAIN SLIME PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS II DI SLB NEGERI 1 MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL RIANI .pdf

Download (961kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang hambatan kemampuan motorik halus yang dikategorikan kurang mampu, terlihat pada saat diberikan tes sebelum penerapan bermain Slime. Anak kesulitan dalam mengerjakan tes motorik halus dikarnakan terdapat kekakuan pada jari-jari tangan.1) Untuk mengetahui kemampuan motorik halus pada Anak Cerebral Palsy tipe Spastik kelas II sebelum penerapan bermain slime 2) Untuk melatih kemampuan motorik halus Anak dalam proses penerapan bermain slime 3) Untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada Anak Cerebral Palsy tipe Spastik kelas II sesudah penerapan bermain Slime. Pendekatan penelitin ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang Anak Cerebral Palsy spastik kelas II SLB Negeri 1 Makassar yang berinisal F. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes motorik halus. Analisis data penerapan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan. Mendeskripsikan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan. Keseimpulan dari penelitian ini adalah 1). Kemampuan motorik halus pada Anak Cerebral Palsy tipe Spastik kelas II di SLB Negeri 1 Makassar sebelum penerapan bermain Slime berada pada kategori kurang mampu. 2) Melatih kemmapuan motorik halus murid melalui penerapaan bermain slime 3) Peningkatan kemampuan motorik halus pada murid Cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri Makassar sesudah penerapan bermain Slime Kata kunci: Motorik halus, Bermain Slime. Cerebral Palsy Tipe Spatik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 03:03
Last Modified: 23 May 2023 03:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29040

Actions (login required)

View Item View Item