MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL ANAK AUTIS MELALUI METODE PECS DI UPTD PENANGANAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS KOTA KENDARI SULAWESI TENGGARA

NURMAWATI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL ANAK AUTIS MELALUI METODE PECS DI UPTD PENANGANAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS KOTA KENDARI SULAWESI TENGGARA.

[img] Text
JURNAL NURMAWATI.pdf

Download (389kB)

Abstract

NURMAWATI, 2023. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Verbal Anak Autis di UPTD Penaganan Siswa Berkebutuhan Khusus Kota Kendari. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Mustafa, M.Si dan Dr. H. Syamsuddin, M.Si. Jurusan Pendidikan Khusus,Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang Kemampuan Komunukasi verbal Anak Autis dilakukan di UPTD Penanganan Siswa Berkebutuhan Khusus, di temukan permasalahan : (1) Bagaimana Kemampuan Komunikasi Verbal Anak Autis sebelum menggunakan metode PECS?, (2) Bagaimana Kemampuan Komunikasi Verbal Anak Autis setelah menggunakan metode PECS?, (3) Apakah ada Peningkatan Kemampuan Komunikasi Verbal Anak Autis melalui penggunaan metode PECS?,Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Gambaran Kemampuan Komunikasi Verbal Anak Autis sebelum menggunakan metode PECS, (2) Gambaran Kemampuan Komunikasi Verbal Anak Autis setelah menggunakan metode PECS, (3) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Verbal Anak Autis melalui metode PECS. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan Jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah seorang anak Autis di UPTD Penanganan Siswa Berkebutuhan Khusus berinisial AY, berusia 5 tahun,berjenis kelamin laki-laki. Pengumpulan Data observasi dan dokumentasi. Format pedoman observasi yang di gunakan berbentuk checklist (√) dengan penilaian Ya dan Tidak pada setiap item Variabel dalam Penelitian ini terdapat satu variable yang di teliti yaitu Meningkatkan Komunikasi Verbal Anak Autis Melalui metode PECS. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. dari data hasil penelitian sebagimana yang telah di sajikan,di peroleh kesimpulan bahwa : (1) Gambaran Kemampuan Komunikasi Verbal Anak Autis sebelum menggunakan metode PECS berada pada kategori belum mampu, (2) Kemampuan Komunikasi Vebal Anak Autis setelah penerapan metode PECS pada Kategori mampu, (3) Terdapat Peningkatan Kemampuan Komunikasi Verbal Anak Autis dengan menggunakan metode PECS dari belum mampu menjadi mampu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 02:43
Last Modified: 23 May 2023 02:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29039

Actions (login required)

View Item View Item